Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Bali merupakan salah satu pulau di Indonesia yang banyak dikunjungi wisatawan dari berbagai negara. Disamping dikenal dengan keindahan alamnya, Bali juga dikenal akan keseniannya, salah satunya adalah seni patung.
Patung-patung di Bali biasanya terbuat dari kayu dan batu cadas yang dibentuk sedemikian rupa sehingga menghasilkan sebuah karya yang mempunyai nilai seni tinggi. Kebanyakan patung-patung itu diukir sesuai dengan etnik Bali yang khas.
Salah satu patung terbesar di Bali adalah patung Garuda Wisnu Kencana (GWK). Patung ini dirancang oleh salah seorang dosen ITB bernama I Nyoman Nuarta. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat patung ini bukan dari kayu maupun batu cadas seperti patung kebanyakan melainkan dari campuran tembaga dan kuningan.

Keterangan Foto :
Patung Garuda Wisnu Kencana, berdiri dengan megahnya di hamparan bukit yang luas.

Patung raksasa ini dibuat di Bandung, dibawa ke Bali seberat tidak kurang dari 4000 ton dan didirikan di atas perbukitan Ungasan, di daerah bukit kapur wilayah Bali bagian selatan dengan tinggi yang direncanakan mencapai 128 meter. Di sekelilingnya tampak hamparan batu-batu cadas yang dipotong-potong membentuk tebing-tebing yang indah.

Keterangan Foto :
Menuruni tangga setapak demi setapak meninggalkan lokasi Garuda Wisnu Kencana yang begitu indah.

Saat saya berkunjung ke sana, pembangunan GWK ini belum selesai. Padahal menurut jadwal, pembangunan GWK ini mestinya sudah rampung pada tahun 2005. Nampaknya, krisis ekonomi ini yang menghambat pembangunan patung GWK sehingga sampai saat ini masih belum selesai.


Posted

in

by

Comments

  1. Epat Avatar

    weih… ungasan itu bali sebelah mana toh?

  2. aRuL Avatar

    oleh2 dari balinya mana pak?
    itu GWK aja blum jadi seutuhnya sudah indah, apalagi kalo dah jadi…
    aig… ngak ada dana yakz ngelanjutin. padahal tempatnya sering dipake konser ๐Ÿ˜€
    hehehe

    aRuLs last blog post..KPU Jatim memenangkan KarSa

  3. devari Avatar

    saya mikir bawa ke Bali gimana caranya ya ๐Ÿ™‚

  4. zoel Avatar

    kena dampak krisi global juga ๐Ÿ˜€

  5. ndop Avatar

    wow saya ndak pernah ke bali sama sekali…

    ayo siapa yang mau ngajak???

  6. thimbu Avatar

    sayang banget kalo Garuda Wisnu Kencana itu blum selesai juga.
    Padahal bisa menjadi objek wisata alternatif di bali

  7. Ojat Avatar

    memang keren…ckckckc….kapan yaa ke bali lagi heheh….

    Ojats last blog post..Lowongan Kerja di PT Pupuk Kalimantan Timur

  8. arifudin Avatar

    wew…….. wow… besar banget patunganya ๐Ÿ™‚

    arifudins last blog post..Pelatihan Wirausaha

  9. mew da vinci Avatar

    iya, saya kira tadinya dari batu, dari jauh kelihatan dari batu, pas saya dekati ada kayak motif-motifnya, kayak kotak-kotak gitu..

    tapi pas saya ketok “tok tok tok” lho? bunyinya bukan “duk duk duk” atau “beph beph beph” tapi “deng deng deng” waaah… dari tembaga ternyata.. sempet ketipu ๐Ÿ˜€

    mew da vincis last blog post..Say Meoow! Loudly.

  10. DIKMA Avatar

    Pertama, kapan ya saya bisa kesana .. ?
    Kedua, dari sekian foto yang ada dimana sih Pak Edi ? dah rabun nih heheh
    Ketiga, Sy turut prihatin dikarenakan krisis ekonomi yang tak kunjung hentinya dampaknya juga terasa disana sehingga menghambat pembangunan patung GWK.
    Terakhir, Agar blog saya lebih gagah link dunk di Blogroll Bapak heheheh

  11. nie Avatar

    waaaaaaaah..bali emang ga habis2nya untuk dikagumi ๐Ÿ™‚ i love bali so much. ungasan tu disebelah mana sih? dulu pernah ke bali..tapi engga sampe kesana. kangen buat kesana lagi.

    nies last blog post..A Thing to Celebrate

  12. deja-vu Avatar

    Wah Aq udah pernah ke Bali tapi blm sempat liat GWK… Ehm jadi penge nkesana lagi… Tunggu liburan Ah.. I Love Bali… ๐Ÿ™‚

    deja-vus last blog post..Tips Membuat Cover E-Book Termudah

  13. jiyofine Avatar

    woks…aku belum pernah kunjung ke tanah bali…. ๐Ÿ˜€

    jiyofines last blog post..Pemimpinku

  14. easy Avatar

    ntar kalo ke bali mampir ah..

    easys last blog post..Tiga Belas : 13

  15. edy Avatar

    waktu itu pernah makan malam di sana
    emang keren, pak ๐Ÿ™‚

  16. pikkisweet Avatar

    Wah seru Ya biSa ke GWK

    Saya baru sekali ke sana

    Jadi pengen ke sana Lagi

    pikkisweets last blog post..HaRi saBtu haRinYa keLuaRgaโ€ฆโ€ฆโ€ฆโ€ฆ..

  17. cebong ipiet Avatar

    dulu pas ek sono belum ada hikz…
    gagah yak GWK nya

    cebong ipiets last blog post..Happy Birthday Mom

  18. afwan auliyar Avatar

    wew…. 4000 ton !?!?
    ngebawanya gimana yak !!? nggak kebayang saya ๐Ÿ™‚
    keknya budaya bali memang menentukan kreativitas seniman disna ๐Ÿ™‚

    afwan auliyars last blog post..Kapan mau menulis !?!

  19. norjik Avatar

    besar ya pak patungnya ?, tp koq posisi nya agak miring seperti mau ambruk gitu ya ? apa mmg di buat bgtu modelnya ?

    norjiks last blog post..WordPress atau Blogspot ?

  20. Ecko Avatar

    Koq belum selesai juga yah? padahal kalo liat maket/blueprint-nya dulu begitu bagus kalo sudah berdiri utuh. Kira-kira kapan ya?

    Eckos last blog post..Akun Personal, Premier, atau Business?

  21. Andri Avatar

    haa??
    4000 ton..

    kirain di buatnnya di tempat.. ngga taunya malah di Bandung ya,,
    trus bawa ke Bali pake apa seberat itu… gileee..

    Andris last blog post..Yang mungkin lom kenal..

  22. dikma Avatar

    pak edi, blog saya benar-benar serasa blog yang paling ganteng aja hehehe ..
    sebagai ungkapan terimakasih saya mo tidur duluw nih, .. ( lo nggak nyambung .. )
    trims pak

  23. denpasarmoon Avatar

    Bali gitu lho… apa sich yang nggak di kagumi…he..he…

    denpasarmoons last blog post..Yang sering2 aja yaโ€ฆ

  24. Wempi Avatar

    boleh dibawa pulang gak ya?

    Wempis last blog post..Eye Touch

  25. sawali Avatar

    wah, kalau ndak salah, patung itu dibuat ketika rezim pak harto masih berkuasa, pak edi. dilhat bentuknya memang mengesankan keperkasaan.

    sawalis last blog post..Masih Relevankah KTSP Dipertentangkan dengan UN?

  26. masDan Avatar

    Sayang, Waktu dulu Liburan Ke Bali, Saya Ndak ke GWK …. Nyesel Pak …

  27. kucingkeren Avatar

    kok orang bali, pesan patungnya ke Bandung ya? Pasti pembuatnya keukeuh orang bali juga deh.. tp yg tinggal di bandung yaa…

    kucingkerens last blog post..I โ€˜m Yoursโ€ฆ

  28. boyin Avatar

    Perumahan saya di bawahnya patung itu pak..kalo ada acara disana sinar lasernya suka jadi pemandangan yg asik sambil minum kopi di beranda.

    boyins last blog post..Hotel jobs is sucks?

  29. Harry Avatar

    dulu ke bali patungnya belum ada jeh ๐Ÿ˜€

    Harrys last blog post..Tukang Copi Paste

  30. novnov Avatar

    oleh2nya mana pak?..hehehe

    novnovs last blog post..Berobat dulu yaaaaa……

  31. Mas Koko Avatar

    wuiihh…kapan yak bisa kesana ๐Ÿ™‚

    Mas Kokos last blog post..Pernah ngalamin kayak gini ?

  32. sapimoto Avatar

    Wah, patung dengan berat 4000 ton kayak gitu, bawanya dari Bandung ke Bali gimana??? Apakah mungkin dalam bentuk pretelan???
    Tapi kawasan lokasi wisata GWK ini masih bahaya buat anak-anak, dibelakang patung garuda ini masih terdapat galian yang sangat dalam dan sama sekali tidak ada pagar pembatasnya….

    sapimotos last blog post..Helm Anti Gegar Otak

  33. orangndut Avatar

    Wah, Pak, ke Bali kok gak ajak-ajak sih? hehehe
    Andaikan saja GWK itu sudah rampung, barangkali bisa menjadi patung terbesar di dunia ya, Pak?

    orangnduts last blog post..World of Goo : Game Puzzle Inovatif

  34. namada Avatar

    eitzz..bagusnya…
    I nyoman Nuarta hebat yaa..

    namadas last blog post..Hidup Bukan Tentang Itu

  35. genthokelir Avatar

    wah laghi jalan jalan nih mas Edy
    oleh olehnya sudah kita terima nih namun masih ceritanya hehehe
    salam mas

    genthokelirs last blog post..Di Muaralabuh ini

  36. Rindu Avatar

    yang photo kita berdua koq gak dipasang disini kang?

    *dibekep*

    Rindus last blog post..Pelangi diatas sungai โ€ฆ

  37. Panda Avatar

    dilihat dari foto2nya kayaknya keren tuh pak, jd pgn kesana ๐Ÿ™

  38. hanif Avatar

    Wah keren…
    saya nyusul kalo liburan… ๐Ÿ˜€

  39. nAsruni Avatar

    Wah, kok banyak bener yang posting isinya abis jalan2 ke Bali yah?
    coz saya belum pernah ke Bali ๐Ÿ™

  40. soewoeng Avatar

    mau nanya buatnya di bandung atau badung?

  41. gajah_pesing Avatar

    lo..? kok saia gak dikasih oleh-oleh pak…?

    *mengharap*

  42. isnuansa Avatar

    jadi pengen lagi ke sana….

    isnuansas last blog post..Jadi Satu

  43. Reza Fauzi Avatar

    wah… enak banget bisa ke bali… berapa taun lagi saya bisa ke bali yah ๐Ÿ™

    Reza Fauzis last blog post..Moreniche – Program Affiliate Terbaik

  44. Artha Avatar

    wah asik yach jalan jalannya ke Jimbaran

    Arthas last blog post..6 Bulan kedua

  45. budi Avatar

    ke bali blom pernah awak, karena kelewatan jadi ke BALIGE.

    budis last blog post..search engine list

  46. Rosyidi Avatar

    wow gede juga. Baru kali ini aku liat.
    (*hayalan tingkat tinggi on*)
    Andaikata hidup tuh orang2 disekitarnya bakalan dijadikan mangsa empuk. hehehe..
    Tapi ya gak seberapa masalah sih kalo beneran hidup, toh dia gak bisa kemana2 soalnya gak punya tangan , badan dan kaki, yg ada cuma kepala doank. ๐Ÿ˜€
    wah.. sorry jadi ngelantur.
    (*hayalan off*)

  47. kumiz Avatar

    wah,,, jadi inget waktu pertama kali kesana…

    btw, salam kenal… ๐Ÿ˜€

    kumizs last blog post..Born to be learn

  48. Anang Avatar

    pengen ke bali lagi … tapi kapan ya pak……..

  49. ciwir Avatar

    jadi pengen ke bali lagi nich…

    ciwirs last blog post..Quick Count

  50. Ardy Pratama Avatar

    gede bnget yak patungnya… blom smpet2 nih, pdhal pngn bnget ke Bali…

    Ardy Pratamas last blog post..Asyiknya belajar bisnis internet!

  51. dikma Avatar

    ada nggak yang mo ngajak saya ke Bali .. ??

  52. Lala Avatar

    jadi inget kalo udah lama ga ke bali… jadi pengen kesana juga ๐Ÿ™‚

  53. Wongbagoes Avatar

    Wew,..

    Jadi inget jaman SMA Om…

    Wongbagoess last blog post..Kaji Terjungkal, Karsa Menuju Jatim 1

  54. Sarah Avatar

    sumpah y..patungnya keren, lbh keren dr org2 yg nebeng foto disut…wkwkwk , just kidding *kabur*

    Sarahs last blog post..Diriku di Kampus

  55. nico kurnianto Avatar

    wah keren, saya belum pernah ke sana tuch pak

    nico kurniantos last blog post..This is my Surabaiaโ€ฆ

  56. harianku Avatar

    kalo liat GWK kagum saya sama pemahat bali, indonesia ciayooo ๐Ÿ™‚

  57. andif Avatar

    wahh keyen euy.. kapan ya say abisa jalan jalan ke sana ๐Ÿ˜•

    andifs last blog post..Sangkuriang

  58. love-ely Avatar

    Posting ini mengingatkan saya akan kenangan di Bali, sebab saya pernah tinggal di Denpasar selama 9 tahun.

    love-elys last blog post..Flood In Samarinda City

  59. jebrak Avatar

    dikirim dari bandung ke bali naek apa mas??/

    jebraks last blog post..Dimana Aku Mencari Arti Hidup&Kehidupanku???

  60. silly Avatar

    waduhhh, jadi pengen bener-bener ke baliii skarang…. ๐Ÿ™

  61. zoel Avatar

    saya ngasi pr mas

  62. Yari NK Avatar

    Memang udah berapa persen jadinya?? Mau dibikin kepalanya saja atau lengkap dengan badannya??

    Yari NKs last blog post..Gamba Osaka Juara Piala Champions Asia

  63. ainulfahmi Avatar

    pak edi aku juga sering kesana !!!!!

    ainulfahmis last blog post..pEnyEsAlAn tInGkAt tInGgI (~_~)

  64. ainulfahmi Avatar

    tapi hanya sekali!!!
    hi!!!!!
    hi!!!!
    HIIIIIIII!!!

    ainulfahmis last blog post..pEnyEsAlAn tInGkAt tInGgI (~_~)

  65. endar Avatar

    saya sudah pernah ke sana 2 kali. boangga “mode on”

    endars last blog post..mbetulin tampilan

  66. bagas Avatar

    semoga bali akan selalu indah dan menawan untuk dikunjungi…. ๐Ÿ™‚
    mangkanya, kalau jalan-jalan, ke tujuan wisata dalam negeri aja, banyak yang bagus kan, bunaken, biak, bali, lombok, bukittinggi, yogya, bandung, ambarawa, samarinda, kendari, rinca, komodo… love tourism indonesia!

    bagass last blog post..

  67. Canenina Avatar

    Wah.. Enk bgt ke GWK!jd pengen kesana pak..

    Caneninas last blog post..KuEReeNnโ€ฆ (part 2)

  68. info resep Avatar

    Bali emang keren…..

  69. v3 Avatar

    itu baru kepalanya, gimana klo badannya jg dibuat ya? kira2 sebesar apa?

    v3s last blog post..Emas kendariโ€ฆ

  70. enggink Avatar

    ga takut ketiban tu Pak, kira2 bikinnya dipahat apa di cetak ya?

    engginks last blog post..Lemot ini Membunuhku

  71. emfajar Avatar

    wah sayang ya ga selese sampai sekarang,, emank ga dibantu ama pemerintah ya..

  72. Rita Avatar

    Gak bisa rontok atau pecah ya tpi bisa karatan gak yaa..
    Ampun brat banget, bawanya make apaan yaaa

    Ritas last blog post..Open House

  73. don45 Avatar

    Pak awas dipatok !!!!

    don45s last blog post..Between Lophe and Schulโ€ฆ.???

  74. Ronggo Avatar

    patung yang lom jadi ya saya juga neah tuuh kesana

    Ronggos last blog post..PANDUAN BISNIS ONLINE UNTUK PEMULA

  75. nelson Avatar

    Terakhir saya ke Bali pembangunannya juga masih belum rampung pak…. ๐Ÿ˜†

    nelsons last blog post..SULITNYA BUAT PUISI SENDIRI

  76. bang cepi Avatar

    wah…saya selalu ngga sempat lihat patung GWK nih…jadi kepengen…tapi emang bener sih..kita kalo bikin yang monumental selalu Oke….mungkin karena di Jajah Belanda kali ya,,,jadi ilmunya turun ke bangsa ini….

    bang cepis last blog post..Menangkap Konsep โ€œfood power Indonesia 2015?

  77. thevemo Avatar

    gede banget ya mas?naik situ seluruh bali nampak gak ya?

  78. JAUHDIMATA Avatar

    pas lihat poto jadi pengen kembali.
    kelingan jaman dulu

  79. cempluk Avatar

    blm pernah ke GWK..jadi bingung..hiks3x

  80. achoey Avatar

    Bali memang kota yang indah
    Kota seni dan budaya yang megah

    achoeys last blog post..Kesuksesan Persohiblogan

  81. pututik Avatar

    Keren pak edi, beneran. Saya belum pernah ke tkp, besarnya minta ampun tuh kalo ngglinding orang dibawahnya pada mlenet kali ya ๐Ÿ˜€

    Beneran nih keren banget apalagi pas ngambil photonya yang dari atas

  82. pututik Avatar

    oya pak bisa minta dikirimi photonya yang garuda wisnu aja pak. mohon ijin ni buat avatar, japri ya pak

  83. edratna Avatar

    Seru ya acara jalan-jalannya…..

    edratnas last blog post..4 days to Pesta Blogger 2008

  84. ridu Avatar

    duh.. pengen banget deh bisa ke Baliiii..

    sayang akku gak pernah ke bali.. huhu..

  85. Alex Avatar

    nilai seninya tinggi ya mas…..salut

    Alexs last blog post..Muhammad Al-Fatih : Sang Pembebas Konstantinopel

  86. balladona Avatar

    Bukit pecatu ungasan memang bagus pak. Tapi dulunya gersang. Katanya, di GWK mau dibangun apartemen dengan patung diatas gedung. Konon katanya lagi, kalo patungnya sudah selesai akan mengalahkan patung liberty di USA.

    balladonas last blog post..SEKOLAHKU JUARA WEB SEKOLAH SE-INDONESIA

  87. soerdjak Avatar

    iya sayang ya blum dirampungin proyeknya.
    kepalang tanggung tuh.

    nice pic.

  88. mami vaya Avatar

    wah mas lama ga maen kesini tnyt di bali… gimana pak guru, sempat ikutan surfing? ๐Ÿ™‚

  89. anas Avatar

    waduh kapan ya ke bali lg…
    waktu itu belum sempat ke GWK.
    gila patung hampir segede Godzilla ini dibawa ke Bali dr Bandung??gimana caranya ya????

    anass last blog post..Keindahan Itu Bernama Pelangi

  90. yu2n Avatar

    patung garuda yang keren sekali pak Edi.. ๐Ÿ™‚

    ayoo yang mau ke Bali rame-rame aja yuuk.. ๐Ÿ™‚

  91. aR_eRos Avatar

    kok ndak ajak-ajak sayah pak. waduh patung seberat 4000 ton diangkut pakai apa ya?

    permisi, numpang beken ya. nitip alamat blog yang baru http://www.ingateros.com. alamat’e sajah yang baru, kalo blognya tetep amburadul hehe. lebih beken lagi kalo di tempel ke blogroll hehe *ngarep* biar ikut beken juga. *nyari copetan buat bayar pajak iklan*

    aR_eRoss last blog post..Hadiah Ultah dari Blogger, Google dan Yahoo!

  92. Napi Avatar

    aku juga pernah ke sana lho pak…
    tapi sayang..
    gk da yang bisa dibuat untuk ngeabadikannya…
    sayang sekali…
    ngomong2 di foto yang terakhir ada seseorang yang kayaknya ku kenal deh Pak..??

    Napis last blog post..Keraguan dalam sebuah Keputusan..

  93. Lala Avatar

    mohon diterima dan diambil award di blogku beserta tugas-tugasnya ya pak.. ๐Ÿ™‚

  94. Roy Avatar

    Numpang ngikla neh…
    ada blogger baru yang lagi nyari banyak temen n minta dikunjungi…….
    Salam Kenal Semua…..

    Roys last blog post..Aniz Azhar

  95. Daiichi Avatar

    Kapan ya bisa jalan2..??! Ada yang mo biayain saya.? ๐Ÿ˜€

    Daiichis last blog post..Titip Rindu Buat Pemimpin Yang Adil

  96. Gelandangan Avatar

    Betapa indahnya kebdayaan indonesia ini yah mas edi
    semoga akan terus di jaga

    Kapan juga saya ke bali……………

  97. kaudanaku Avatar

    walah, belom jadi juga toh? saya dulu ke sana sekitar tahun 2003 pak, masih nangkring lom selesai…..

    kalo kita foto2 di sana, rasanya tubuh kita cuman se-uprit ya pak?hehehehe…………

    kaudanakus last blog post..tanpa judul

  98. chris... Avatar

    tangan dari patung itu kan sedang dibuat, Pak.
    Tapi apa mungkin patung GWK jadi keajaiban dunia ya?
    gantinya Borobudur…

    chris…s last blog post..โ€œMENGASIHIโ€ Rohani dikit yaโ€ฆ sekali-sekali

  99. Joule Regenbogen Avatar

    Wuaah…
    Sepertinya menarik nih GWK,,, mumpung q lg di bali, tar siang maw kesana aah..

    Pengen ngebuktiin sendiri seberapa megah lokasi n patung GWK

    reviewnya GWKnya manteb pak, jelas abis, q jadi ngerti sejarahnya GWK. Thanx pak…

  100. ito mashoni Avatar

    waaaw…sangat mengesankan sekali bagus di tambah dengan pemandangan pulau bali yang indah pasti jadi salah satu pusat perhatian para turis mancanegara..jadi pengen langsung ke bali.

  101. jabon Avatar

    bali… memang terkenal dengan beberapa keistimewaanya, salah satunya adalah seni ukir atau pahat patung…

  102. anno Avatar

    pernah kesana sekali..
    btw fotonya kok nggak muncul mas…

  103. jabon Avatar

    fotonya kok gakmuncul…?saya jadipenasaran dengan fotonya ๐Ÿ™‚

  104. jabon Avatar

    ph ya salamkenalsaja ya dari saya …saya memang belum pernah ke bali namun saya percaya kalau bali memang sangat indah ….semoga jaya selalu

  105. Mr Hoe Avatar

    GWK Park adalah cermin budaya asli Bali, Indonesia. Jangan sampai taman GWK tidak mendapatkan perhatian yang serius dari Pemerintah. Bisa-bisa anak-cucu kita nanti tidak bisa menikmati.

  106. underwear-365 Avatar

    kapan yaa ke bali lagi hehehโ€ฆ Padahal bisa menjadi objek wisata alternatif di bali

  107. raybanbrand Avatar

    saya jadipenasaran dengan fotonya, .semoga jaya selalu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *