Tips Melamar CPNS

Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan informasi dari teman-teman sesama guru di SMA Negeri 11 Surabaya, bahwa tahun 2008 ini Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) secara besar-besaran di berbagai bidang. Teman saya yang berstatus sebagai karyawan di salah satu sekolah negeri di Surabaya pun juga begitu, dia juga sibuk menyiapkan syarat-syarat untuk menjadi CPNS yang dibuka oleh Pemkot Surabaya tahun ini. Bahkan dia lebih dulu mengetahui informasi ini daripada saya.

Saya sebagai salah satu guru yang masih berstatus Guru Tidak Tetap (GTT) tentunya tidak menyia-nyiakan kesempatan baik ini. Saya mulai mencari informasi kesana-kemari tentang lowongan CPNS ini. Siapa tahu, saya bisa lolos untuk seleksi tahun ini. Dan saya ingin memberikan sedikit tips untuk teman-teman yang juga mempunyai keinginan seperti saya.

Syarat-syarat yang harus dipersiapkan untuk melamar menjadi CPNS adalah sebagai berikut :

A. SYARAT UMUM
1. Surat Lamaran CPNS
Sudah barang tentu kalau kita ingin bekerja di sebuah instansi, baik instansi pemerintah maupun swasta harus membuat lamaran pekerjaan. Untuk melamar menjadi CPNS, kita harus membuat Surat Lamaran yang dicetak pada keras HVS ukuran folio, diberi materai Rp 6.000,- kemudian ditandatangani. Form Surat Lamaran bisa didownload di sini.

2. Daftar Riwayat Hidup
Berisi tentang riwayat hidup kita, mulai dari nama, tampat tanggal lahir, jenis kelamin, agama, pendidikan yang pernah kita tempuh sampai dengan pengalaman kerja. Form Daftar Riwayat Hidup bisa didownload di sini.

3. Porto Folio
Menurut keterangan dari berbagai sumber, Porto Folio ini berisi sertifikat-sertifikat tentang keaktifan kita di masyarakat.

4. Kartu Kuning
Kartu kuning adalah kartu tanda pencari kerja. Untuk mendapatkan kartu kuning baru, kita bisa mengurus di Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) yang terletak di Jl. Manyar Surabaya (dekatnya SAMSAT). Sedangkan untuk memperpanjang Kartu Kuning bisa dilakukan di Jl. Jemursari Surabaya.
Syarat-syarat :
a. Fotocopy Ijasah Terakhir yang dilegalisir (2 lb)
b. Fotocopy Transkrip Nilai yang dilegalisir (2 lb)
c. Pas Foto 2×3 (2 lb)
d. Fotocopy KTP (2 lb)
e. Mengisi formulir
f. Stopmap warna kuning

Setelah mendapatkan Kartu Kuning, segera difotocopy 5 lembar kemudian dilegalisir.

5. SKCK
Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) bisa didapatkan dari Polres setempat dengan syarat-syarat sebagai berikut :
a. Pengantar dari RT, RW, Kelurahan setempat
b. Pengantar dari Camat, membawa Pas Foto 4×6 (2 lb)
c. Pengantar dari Polsek, membawa Pas Foto 4×6.
d. Ke Polres, mengisi formulir, membawa fotocopy KTP, KSK, Kartu Sidik Jari, dan Pas Foto 4×6 (4 lb)

Setelah mendapatkan SKCK, segera difotocopy 5 lembar kemudian dilegalisir.

6. Legalisir Ijasah
Syarat berikutnya adalah fotocopy ijasah yang telah dilegalisir, mulai dari SD sampai dengan pendidikan terakhir.

B. SYARAT KHUSUS
1. Surat Keterangan (SK)
Surat Keterangan GTT/PTT didapat dari Kepala Sekolah yang menerangkan bahwa yang bersangkutan berstatus sebagai GTT/PTT pada sekolah tersebut.

2. Surat Keterangan Masa Kerja
Surat Keterangan Masa Kerja juga didapat dari Kepala Sekolah yang menerangkan bahwa yang bersangkutan bekerja di sekolah ini sekian tahun.

3. Surat Keterangan Kesehatan
Surat Keterangan Kesehatan didapatkan dari dokter di puskesmas pemerintah maupun di RS. R. Suwandi, Jl. Tambak Rejo Surabaya.

Demikianlah syarat-syarat untuk melamar menjadi CPNS Pemerintah Kota Surabaya, semoga bermanfaat bagi semuanya. Bagi teman-teman yang mempunyai informasi lebih lanjut, saya mohon untuk menambah informasi ini agar lebih lengkap.


Posted

in

,

by

Comments

  1. Epat Avatar

    Umur 31 boleh gak ya pak? hehehe

  2. okta sihotang Avatar

    wah..mantap tips nya mas..
    tapi untuk saat ini saya masih mengruungkan niat untuk melamar PNS, ntaran deh klo dah banyak duit dari swasta 😉

    okta sihotangs last blog post..Wat, Ada RAZIA KTP ?

  3. dafhy Avatar

    wah keren tipsnya
    masih kuliah kira-kira boleh gak ya mencalonkan diri jadi PNS? :mrgreen:

  4. yu2n Avatar

    iya nih, temen-temen juga sudah mulai rame ngomongin pendaftaran cpns 🙂
    saya belum kepikiran mo daftar lagi, soalnya pernah ikut tapi ngga lulus pak edi. hehe…
    jadi sekarang masih di swasta.

    trims tips-tipsnya pak, teman-teman disini pasti butuh nih 😀

  5. emfajar Avatar

    mantap tipsnya mas,, harus lulus kuliah dlu ya mas !? 😆

  6. Anang Avatar

    alhamdulillah, moga jadi amal baik karena membantu kita2 pak.

    Anangs last blog post..Update Google Pagerank (4)

  7. dikma Avatar

    Infonya sangat berharga ..

    dikma last post Upgrade WordPress mu

  8. afwan auliyar Avatar

    Ehmmmm.. masih blom lulus kuliah pak 🙂
    tapi keknya lengkap neh + nebak2 keyword juga 🙂

    afwan auliyars last blog post..Monetize blog, Sisi lain blogger

  9. det Avatar

    katanya habis gini gaji guru minimal 10 juta ya pak? waaaaaa………. [ngiler]

  10. Lala Avatar

    Ribet juga ya persiapannya, dan lom tentu diterima..saingannya buanyaakkk sih 😀

  11. Daiichi Avatar

    Sekedar Info untuk di BMG ad juga lowongannya Sepertinya perlu banyak tuu… dan untuk batasan umur saya ga tau… Tapi ad ga si batasan Umur Untuk CPNS..?

    Daiichis last blog post..Nine words women use…

  12. gajah_pesing Avatar

    wa…saia kok gak berminat jadi PNS ya? pengen jadi anggota dewan yg isa gonta-ganti mobil…

  13. zee Avatar

    baik sekali pak guru ini mau berbagi ilmu pada yg lain, mudah2an lancar semua usahanya utk ikutan cpns ya pak.

  14. kucingkeren Avatar

    memang masih berminta jadi pegawa pns ya?? hehehe

    kucingkerens last blog post..Lelaki Menyebalkan..

  15. arifudin Avatar

    moga lancar 🙂

    arifudins last blog post..Semangat ngeblogku

  16. abeeayang™ Avatar

    habis nglamar PNS…nglamar calon istri ya pak…. 😆

  17. orangndut Avatar

    Owh, begitu. Lumayan banyak juga ya persyaratannya.
    Oh, ya, bagi lulusan SMA/SMK/MA/sederajat yang pengin jadi PNS DepKeu cukup ikutan USM STAN aja ya? hehehe…maaf numpang promosi.

    orangnduts last blog post..Cara Promosi yang Tidak Saya Suka

  18. easy Avatar

    saya hanya nunggu dilamar Pak … ^^

  19. namada Avatar

    saia sendiri pusing melihat kakak saia menyiapkan tetek bengek buat tes cpns,,di kota saia tes tulisnya udah tgl 16 kemaren 🙂

    namadas last blog post..Teman Tidur

  20. qizink Avatar

    Satu kali pernah ikutan test CPNS… antre berjam-jam, ribet ngurusin dokumen,, nggak lulus juga!
    Sekarang dah kapok sekapok-kapoknya!!!

    qizinks last blog post..Tentang Cinta

  21. sawali tuhusetya Avatar

    semoga sukses, pak edi. info semacam ini jelas sangat dibutuhkan oleh temen2 yang kebetulan punya keinginan yang sama dg pak edi.

    sawali tuhusetyas last blog post..Mengapa Guru Mesti Ngeblog?

  22. herru Avatar

    repot ya mas, saya mah paling males ngurus formalities kayak gitu. tapi kayaknya sih emang harus kalau ngelamar ke instansi pemerintahan mah.

    herrus last blog post..Menjelang Musim Dingin

  23. devari Avatar

    biaya sogok?
    hehehe

  24. ainul fahmi Avatar

    assllamuallaikum
    comment ke blog saya ya!!!!!!!!!

    ainul fahmis last blog post..nArUtO vS bLeAcH

  25. RONGGO Avatar

    halah pak pak klo tips biar keterima mana,tanpa daftar, hehhe
    ngaciir

    RONGGOs last blog post..Mohon doa restu

  26. Suwahadi Avatar

    Thanks pak.
    Semoga deterima jadi PNS. Amin…

    Suwahadis last blog post..Menghapus Title Name ‘Home’ pada Site Joomla

  27. Kaka Avatar

    Lengkap ya .. tks pap
    http://www.asephd.co.cc

    Kakas last blog post..Bakso Tumpah

  28. masDan Avatar

    Eh, Ternyata ndak ada sarat Setoran Uang Yang Banyak Ya …Hehehe, Keren …

    masDans last blog post..Dluang, Seminar Wah …

  29. andy Avatar

    boleh juga tips nya, tapi aku belum lulus..he..he

    andys last blog post..Yahoo masih menjadi peringkat 1 menurut Alexa

  30. norjik Avatar

    mo ngurus ini itu susah pak, pngn nya sih ikutan. cmn terkunci di dalem kantor dan gk bs leluaasa bergerak. Jd nya hanya sebuah keinginan … 🙂

    norjiks last blog post..Racun Dunia

  31. ario saja Avatar

    matur tengkyu tipsnya

  32. Achmad Sholeh Avatar

    Tips yang membantu mas, tapi sayang malu sama umur untuk jadi PNS mudah2an mas Edy diterima menjadi PNS tahun ini

    Achmad Sholehs last blog post..Mr. Google Memang Kejam

  33. ekkei Avatar

    wah lengkap banget nih tipsnya.
    ada tips melamar gadis mas? 😀

    ekkeis last blog post..Paid Review di Ambang Akhir

  34. Ly Avatar

    wah… keren deehh
    moga di terima jadi PNS yaacchhh…. ?

    kalau aq gak tertarik ngelamar jadi PNS tapi tertarik jadi istrinya PNS huehuehue 😛 *kabuuuuuurr*

    Lys last blog post..Jodohku Siapa….???

  35. trendy Avatar

    jangan pake jalan pintas yah!
    wkekekekke!

    trendys last blog post..Petai!

  36. dadan Avatar

    waow.. detail banget 😀 good luck yach semua

    dadans last blog post..Plurk’s Theme : Nebula

  37. regsa Avatar

    ikut berdoa aja smoga berhasil pakk
    amin

    regsas last blog post..Cuman suka Reggae..Tak lebih

  38. aha Avatar

    wehh…… kok kg ada lowongan blogger negara ya? he2

  39. edratna Avatar

    Semoga berhasil pak….

    edratnas last blog post..Ga usah baca koran dulu bu…..

  40. inos Avatar

    sayang saya belum kepikir untuk jadi PNS

    inoss last blog post..Momong Anak

  41. Wongbagoes Avatar

    Om di Ponorogo, juga ada pendaftran CPNS…

  42. Shireishou Avatar

    aku bermasalah di kartu kuning. wehehe males ngurusnya. Nice tips Btw.

    And makasih dah mampir ke blog Easy Step to earn money ku

    Shireishous last blog post..Saat Niat Membantu Justru Jadi Bumerang

  43. galihyonk Avatar

    Sip infone pak edy…

    matur nuwun….

    galihyonks last blog post..Ganti Nomer HP

  44. heddy Avatar

    thanks mas edy..info yang sangat bagus dan bermanfaat..ada lowongan ta? 😀

  45. deja-vu Avatar

    Wah bagus tuch PNS lagi buka lowongan. Kalo saya sich sementara masih tertarik jadi pengusaha aja….he..he.. 🙂

  46. endar Avatar

    tips-nya bagus banget Pak. sayang saya sudah terlanjur asyik menjadi buruh.
    istri saya yang rencananya mau melamar jadi PNS.
    terima kasih Pak,
    Salam hangat dari Purwokerto

    endars last blog post..FUTSAL di malam Minggu

  47. Rindu Avatar

    Kalo melamar yang lain, syaratnya apa kang? Halah …

    Rindus last blog post..Kasidah cinta …

  48. theodora Avatar

    ho…ho…buat abang2,kakak2,teteh2,mas2, moga berhasil ya dapat kerjanya…..jangan lupa doai aku balik yang bagus2 ya….ho….2( gawur)

    theodoras last blog post..hua….

  49. Yari NK Avatar

    Hmmm…. nggak ada kemungkinan biaya2 ‘siluman’ lagi kan pak? :mrgreen:

    Yari NKs last blog post..Hari Perserikatan Bangsa-Bangsa

  50. langitjiwa Avatar

    aku doakan berhasil,mas.

    langitjiwas last blog post..Ruang Kamar,Ruang Jiwa,Ruang Pencarian

  51. Ecko Avatar

    Beugh, syaratnya aja sebanyak itu??? Puyeng saya lihatnya. Jadi tambah alasan deh untuk gak mau jadi PNS. Toh sekarang juga sudah jadi PNS (Pencari Nafkah Serabutan). Hehehe…

    Eckos last blog post..Tentang Payoneer Debit Card

  52. Andy MSE Avatar

    Sebetulnya informasi ini biasa-biasa saja, namun seringkali banyak orang kebingungan untuk mencarinya. Salut buat pak Edy yang ikhlas berbagi walaupun untuk hal yang (kelihatan) kecil sekalipun.
    *Pasti info ini sangat bermanfaat.. saya rekomen & referen bila ada yang tanya ke saya. Tks

    Andy MSEs last blog post..Serabi Solo

  53. Didien® Avatar

    saya doain ya mas biar semuanya lancarrr… 😉

  54. rizoa Avatar

    wew..aku kok nggak minat iah.,, jadi pns…..

    rizoas last blog post..mengamankan wordpress pake siluman version

  55. sapimoto Avatar

    Semoga sukses, Pak…
    Tipsnya juga mudah-mudahan berguna bagi yang sedang mempersiapkan pendaftaran CPNS…

    sapimotos last blog post..Harga Minyak Dunia Turun Drastis

  56. Panda Avatar

    udah lengkap kok pak syaratnya 🙂

    Pandas last blog post..Taman Hiburan Pantai Kenjeran

  57. thevemo Avatar

    sukses ya pak..dan semoga berjalan lancar tanpa ada kecurangan

  58. gus Avatar

    karena saya sudah mengundurkan diri dr PNS, gimana kalau saya tulis tips keluar dari belenggu PNS ya Kang? hehehehe

    guss last blog post..Walmiki, Rahuvana Tattwa, Shinta, Rama, PDRI, Syafrudin Prawiranegara, Sudirman, Sukarno dan Keberpihakan Catatan Sejarah

  59. 'Nin Avatar

    Saya masih bisa jadi PNS gak ya?

  60. ilyas asia Avatar

    PNS
    memberi inspirasi pada banyak orang
    sedang yang lain banyak juga ynag hanya bengong

  61. nita-BLOGGERNITA Avatar

    wah jadi ingat waktu dulu melamar jadi pns, persyaratannya luar biasa ribet termasuk kartu kuning itu, bikin saya nyaris mundur. moga sukses dan bisa diterima. welcome to the club

    nita-BLOGGERNITAs last blog post..AH, AKU SUKA SI PEMBERI KOMENTAR

  62. duniafannie Avatar

    menarik..menarik
    ^mikir sambil garuk2 dagu^

    duniafannies last blog post..iseng yuk…

  63. Amrul Avatar

    jadi PNS emang enak ya pak ??

    Amruls last blog post..Me VS Director of Telkom Polytechnic

  64. Yulis Avatar

    Semoga sukses Pak Edi, Semoga testnya lancar. thanks

    Yuliss last blog post..GREAT FRIENDS

  65. Cabe Rawit Avatar

    Nambah point B, nomor emfat…
    Berdoa dengan sungguh lalu bertawakkal kefada Allah… 😀

    Cabe Rawits last blog post..Ane “Diperkosa” Sufaya Kembali Ke Khittah: Siaran Lagi…

  66. aditcenter Avatar

    Pak,guru SMAN 11 Sby??

    Salam kenal pak…. Hebat bgt, gara2 bapak SMAN 11 Sby sekarang punya komunitas IT sendiri

    aditcenters last blog post..KENAPA HARUS IKUT IKLAN??

  67. Ardy Pratama Avatar

    kayakx dah lngkap deh mas… 😀 Brmnfaat skali nih bwt yg mw jd PNS

    Ardy Pratamas last blog post..Wait ’till It Really Hurts

  68. Rush Avatar

    wah, banyak banget persyaratannya….

    aku masih nunggu beberapa tahun lagi nih kayaknya….

    Rushs last blog post..Bangkitlah Wahai Pemuda Indonesia….!!!

  69. yakhanu Avatar

    lulusan SMU bisa jadi PNS gak??

    yakhanus last blog post..nekat

  70. anas Avatar

    semoga mas bisa lolos ya.di kotaku, banjarmasin jg mau penerimaan CPNS.coba juga lamar ah…
    salam kenal ya….:-)

    anass last blog post..Kunjungan kedua ke Air Terjun Bajuin

  71. waterbomm Avatar

    dikantor saya juga ada tuh lowongan untuk CPNS 😀
    hihi… tapi ga ikutan, karna belum menuhi persyaratan, salah satunya s1 🙂

  72. -=«GoenRock®»=- Avatar

    Walah, Ibu sama Bapak saya PNS semua, tapi saya malah ndak tertarik jadi PNS, lebih seneng kerja dibidang seni 😀

  73. Napi Avatar

    waduh…
    gk bisa mikir sampai sejauh itu Pak…
    masih kecil soalnya..???

    Napis last blog post..Bunuh waktu luang kita..????

  74. septy Avatar

    hemmm… bisa nih konsultasi? 😀

  75. jiioyfine Avatar

    CPNS?K
    Kurang tertarik!
    Lagian aku masih di bangku kuliah…

    Semoga Pak Edi berhasil nembus ya…amiiien! 🙂

  76. isnuansa Avatar

    syarat khususnya pake duit ga 🙂

    isnuansas last blog post..SMS dari Presiden

  77. erika Avatar

    duh…ngelamar jadi PNS ribet yah…
    surat-surat bererot yang harus menyertainya itu loh…
    ngurus perpanjang KTP ajah kemarin abis 30ribu…mana blum jadi lagi…nunggu sebulan 😛

  78. don45 Avatar

    Selamat berjuang pak buat CPNS !!!!

    don45s last blog post..QeQe……. !!!!!

  79. zoel Avatar

    wahh tips yg bagusss

  80. anna Avatar

    semoga lulus ya pa.. Good luck..

    annas last blog post..Ada di Halaman Depan

  81. fanari Avatar

    wah nggak bisa komen nih, lulus kuliah saya masih lamaa..

  82. dyahsuminar Avatar

    Tapi kalau gak lulus ya ora opo opo,,,,gak harus jadi PNS,,,he,,he,,
    Jadi wirausaha saja,lebih leluasa dan berkembang kreatifitasnya

  83. shaffiyah Avatar

    ehem…

    makasi infonya yah pak 🙂

    tapi kayaknya saya mw wiraswasta aja dulu

    shaffiyahs last blog post..dag dig dug audit manajemen

  84. enno Avatar

    hehehe iya tuh ribet banget.
    Saya mengalaminya 4 tahun yang lalu. Sekarang sukurlah udah PNS 🙂
    bagi yang mau daftar CPNS, selamat berjuang…

    ennos last blog post..Picaulima Family

  85. lilik Avatar
    lilik

    bagus lho infonya. semoga mendapat pahala yng banyak.dan kita sukses bersama-sama. Amiin

  86. Juliach Avatar

    Banyak amat syaratnya? Weleh-weleh repot banget jadi PNS.

    Juliachs last blog post..Bantulah Anak Mandiri Sedini Mungkin

  87. suwung Avatar

    kalo melamar anak pns gimana caranya pak?

  88. risti Avatar

    mantap tipsnya …..klo tips melamar kerja buat lulusan baru bisa liat ini

    ristis last blog post..Ternyata burung kenal bahasa

  89. hari Avatar

    kalau di jabodetabek kapan kira2 penerimaaan cpns guru? boleh gak ya dari Universitas Terbuka non keguruan melamar cpns guru?

  90. brenda anderson Avatar

    Hello just figured i would let you know that i also had a issue with this blog appearing blank also. Might be chimpanzees in the system.

  91. kardon nainggolan Avatar
    kardon nainggolan

    kalo tamatan D3 ada g ya?????tolong info nya masss

  92. kardon nainggolan Avatar
    kardon nainggolan

    bang aku mau cari jodoh nihhhh….
    ada g ya orang yang mau sama aku???
    karna aku anak orang susah bangat

  93. ira Avatar
    ira

    klu masih kuliah bs gga yaa ??
    berminat nii.. 🙂

  94. ramadanah Avatar
    ramadanah

    makasih info nya semoga saya juga bisa jadi PNS Amin

  95. non prescription straterra pills Avatar

    full depression test canadian pharmacy avodart order anafranil from mexico online Can acupuncture help acne. Paroxetine apotex side effects, generic alternatives for anafranil tegretol and thyroid test Cure depression causes not depression symptoms

  96. fml online percriptions Avatar

    Longs pharmacy sertraline. symptoms of dementia in seniors canada pharmacy armour Kitten yellow vomit. ethical concerns about herbal treatment for depression, canadian frusemid cheap symptoms of wheat allergies in children Bipolar depression medication

  97. buy celebra from u s online Avatar

    trileptal for depression, zoloft mixed with welbutrin. buy adapalene online consultation breakdown finasteride prevents proscar Paroxetine hcl 20mg side effects, cheaper colcrys medication Dementia and depression in elderly boric eye drops allergy optibor.

  98. prescription medicale de keftab Avatar

    side afects to diovan 160 12.5 cialis and benazepril genticin sale discount treating giardia in cats, Different strokes golf centers buy furadantin medication from online pharmacy melanoma and growth on thyroid Developing mold allergy immunity. call online pharmacy donepezil no precription is synthroid better than generic equivalents stop hair loss

  99. buy generic trental canada Avatar

    Instead seroquel herbal Treatment resistant depression. health shop trileptal provera litigation 2008 Mexiletine molecular weight. benzoyl buy best Thyroid elevated levels Itching symptoms thyroid cost of the drug motilium multiple food allergies, how its work 45 mirtazapine tabs. nimotop canadian online pharmacy different strokes tv. pregnancy catagory for prednisone what is biaxin prescription for Quit smoking bupropion Cipralex escitalopram oxalate,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *