Tips Mengatasi Kekenyangan ala Jawa

Berpuasa di awal-awal bulan ramadhan memang terasa sangat berat, terutama di hari ke-1 hingga hari ke-7 ramadhan. Aktivitas tubuh yang sudah berjalan rutin selama berbulan-bulan harus berubah seketika mengikuti ketentuan yang berlaku di bulan ramadhan.

Tidur yang biasanya 5 hingga 8 jam sehari, kini harus dikurangi menjadi 3 hingga 5 jam sehari. Tubuh dan pikiran yang biasanya bangun jam 4 hingga 5 pagi, harus berubah menjadi jam 2 pagi. Perut yang biasanya mendapat pasokan bahan bakar berupa sepiring nasi jam 6 pagi, kini harus dimajukan menjadi jam 3 pagi. Tambahan bahan bakar yang mestinya diterima pada jam 12 siang, kini ditiadakan.

Nyaris metabolisme di dalam tubuh kita berubah total, mengikuti kondisi yang ada di bulan ramadhan ini. Hingga, menjelang sore hari tubuh menjadi lemas dan tanpa tenaga.

Di hari ke-3 ramadhan kemarin juga begitu. Karena harus mengajar mulai jam 7 pagi hingga jam 4 sore, padahal sedang menjalankan ibadah puasa, membuat tubuh ini terasa lemas. Kadang-kadang tubuh gemetar hingga keluar keringat dingin di bagian punggung dan dada. Puasa saat itu tidak seperti puasa hari ke 1 dan 2 yang lancar-lancar saja.

Menjelang berbuka puasa, istri saya sudah menyiapkan beraneka macam masakan. Di meja makan sudah tersedia nasi beserta sayur-mayur dan lauknya. Di sebelah nasi ada mangkok berisi kolak kesukaan saya. Di sebelahnya lagi ada sedikit gorengan ala kadarnya. Semuanya lengkap tersaji untuk berbuka puasa.

Begitu mendengar suara adzan maghrib dari masjid sebelah, yang menandakan tibanya waktu berbuka puasa, beraneka macam masakan di meja itu saya santap. Terutama kolak kesukaan saya. Rasa dahaga yang sejak tadi terasa, kini sudah mulai berkurang.

Sudah dapat diduga, aksi saya itu membuat perut kekenyangan. Mau sendawa nggak bisa, dan nafas terasa berat. Nyaris tidak bisa melakukan apa-apa. Sholat tarawih yang biasanya di masjid, terpaksa harus dibatalkan.

Tiba-tiba saya teringat ucapan teman-teman tentang mengatasi perut kekenyangan ala jawa. Konon, tips ini berasal dari nenek moyang kita, sudah banyak diterapkan oleh orang jawa dan sudah terbukti khasiatnya. Alatnya pun juga mudah didapat, hanya dengan sebuah entong yang biasanya digunakan untuk mengambil nasi, dan caranya pun cukup sederhana.

Pertama-tama kita ambil entong, kita pegang menggunakan tangan kanan seperti memegang sendok. Kemudian, entong tersebut kita gosok-gosokkan di perut satu arah seperti sedang mengambil nasi. Lakukan berulang-ulang hingga ke seluruh perut. Insya Allah dengan cara ini, kekenyangan yang tadinya dirasakan akan berangsur-angsur hilang.

Namun, mungkin nasib saya saat itu masih kurang beruntung. Kekenyangan yang saya alami ternyata masih belum hilang juga. Kira-kira apa yang salah ya? Apakah entong yang saya gunakan ini kurang bertuah, padahal juga terbuat dari kayu. Ataukah saya salah dalam menggosok-gosokkan entong itu, yang mestinya harus sesuai dengan aturan-aturan tertentu? Entahlah, yang jelas kekenyangan pada diri saya masih belum hilang, hingga akhirnya saya hanya bisa melakukan sholat tarawih di rumah bersama istri.


Posted

in

, ,

by

Comments

  1. aRuL Avatar

    hehehe, wah lucu juga tipznya
    kalo sy langsung istirahat dulu… πŸ˜€

  2. ndop Avatar

    pertamax!!

    itu menggosok2nya arahnya ke atas apa ke bawah pak??

  3. ndop Avatar

    waduh kalah sama arul bos… isin aku… kabur aaah….

  4. Epat Avatar

    walah….
    ndak terbukti gitu loh pak kekeke

  5. Anang Avatar

    wah tipsnya oke juga pak. manjur ga?

  6. kucluk Avatar

    wahahaha….
    tips yang dikasih mak ku dulu juga gitu…
    *keruken gawe entong ae, ben ndang mlorot! …

    wahahaha,,,,,,

  7. moh arif widarto Avatar

    Enthongnya mungkin harus yang terbuat dari glugu atau minimal kayu, Pak. Bukan enthong logam atau plastik.

    Nah, Pak Edi pakai enthong yang mana?

  8. waterbomm Avatar

    apa cuma sugesti aja ya pak?? πŸ˜€

  9. Ojat Avatar

    wah, saya dulu digaruk2 pake sendok pas sakit perut hehe…

  10. arifudin Avatar

    perlu dipraktekkan nich πŸ˜†

  11. achoey sang khilaf Avatar

    hehehe
    makanya jangan makan banyak2 sobat! πŸ˜€

  12. khofia Avatar

    kalo saya… lembur aja kali ya? biar gak kerasa kalo lagi puasa.. gitu…

  13. det Avatar

    wah kan malah romantis pak sholat di rumah sama istri???

  14. easy Avatar

    tips yang aneh Pak. πŸ˜€
    tapi boleh juga diterapkan. tapi saya kok ga pernah ya liat orangtua saya yang jawa asli pakai trik tsb untuk mengatasi kekenyangan? :mrgreen:

  15. daiichi Avatar

    Cara yang unik..!! bolehlah di coba kapan2, tapi kayaknya masih lama dehh, maklum bujang ga ada yang masakin d rumah jadi gmana mo kekenyangan… hehehehe….

  16. Rindu Avatar

    Makanya kang, berhenti sebelum kenyang spt yang Rasul ajarkan … eh kalo saya berjalan keliling rumah kalo kekenyangan kata si mbok biar turun nasinya.

  17. vandy Avatar

    Udah 14 tahun jadi orang jawa kok belom pernah denger yg begituan yaa???
    Ntar nyoba ah….

  18. heddy Avatar

    pasti udah ada licensinya ini tips…ikoett ahhhhh

  19. arda86™ Avatar

    hehehe…emang bisa ya ??? πŸ˜€
    kalo saya mah, tambahin lagi makannya trus ke kamar mandi deh nongkrong :mrgreen:

  20. Achmad Sholeh Avatar

    Itu sebenarnya hanya mitos aja apa bisa beneran pak Edy, kalau hasilnya seperti yang pak Edy rasakan kayaknya itu hanya mitos dan sugesti pak

  21. fanari Avatar

    makanya mas, jgn banyak2 makannya, biar nggak terlalu wareg πŸ˜€

  22. imfine Avatar

    Hehehe…
    Lain kali jgn sampai kekenyangan Pak ya… πŸ˜€

    kalo anak kos kayak aku,
    gak pernah ngrasa kenyang Pak….hahahahaha

  23. orangndut Avatar

    Hahaha…itu khan mitos Pak, ya kadang bener kadang gak juga. Saran saya sie, kalo buka itu mengikuti sunnah Rasul aja:
    1. Makan atau minum yang manis dulu, trus sholat Maghrib.
    2. Sehabis sholat Maghrib baru makan berat (maksudnya makan nasi+sayur+lauk+dsb.) Tapi makannya jangan kebanyakan, hentikan makan sebelum kenyang (biasanya sih takarannya 1-1.5 entong nasi aja).
    Semoga membantu.

  24. Ronggo Avatar

    mator suwon pak tips pipon

  25. gajah_pesing Avatar

    sama persis dengan sabda emakku dulu, hahaha… sama-sama penganut falsafah Jawa…

  26. yan azmi Avatar

    waduh..gimana klo biar ga’ kenyang,,ya mendingan ga’ makan aja pak….
    he..1000x

  27. nelson Avatar

    Boleh dicoba nih!!!
    πŸ˜†

  28. FaNZ Avatar

    beneran tuh tipsnya pak?? πŸ˜†

  29. abeeayang™ Avatar

    hwakakakakakaka….lucu bangedh pak….
    *megangin perut kosong*

  30. o c H e Avatar

    Hahahaha…
    Saya coba ya.. awas loh kalo ga manjur!

  31. dimas Avatar

    mungkin harus diganti pak..
    pake ulekan yang dari batu..
    digosok2..
    pasti laparnya ilang..
    tapi muncul rasa sakit..soalnya lecet semua..hehehe

  32. Gelandangan Avatar

    wahhh tips nya bagus walaupun agak lucu mas πŸ˜€
    klo saya buka langsung balas dendam huahahahahahha
    sudah makan langsung terkapar jadi sampai sekarang belum ada tarawih πŸ˜€

  33. cah sholihah Avatar

    Numpang baca2 boleh yach???? tapi ku ga ngerti ceritanya

  34. afrianti takaful Avatar

    Mang ada yach tipsnya??? mau coba dong??? hehehe

  35. Jiewa Avatar

    Ehemm.. mo nanya, tapi jok diguyu ya pak..
    Entong itu apa ? πŸ˜€

  36. Rita Avatar

    Hihihih…..satu-satunya yang salah yaitu kesurupan saat makan, semua disantap sekaligus hehehe…..apaboleh buat ya khan pak, udah laper banget..:D

  37. novi Avatar

    hehehehe iya saya juga pernah dikasih tau tips beginian mas…tapi kok gak ngaruh ya?..hehehehe

  38. Mom Baby Vay Avatar

    heuheuee… aduh si bapak. masa siy dengan digosok2 saja…
    tp emg yg namanya adat istiadat itu suka terasa aga ganjil klo dilihat oleh suku yg lainnya.

  39. AngelNdutz Avatar

    xixixiixixiixi mbanyol!!!

  40. Yari NK Avatar

    Huehehe…. kenapa nggak digosok2an periuk nasinya sekalian biar kenyangnya cepat hilang! Kalo pakai centong kan cuma sedikit2, kalau digosok2an seperti cara mengambil nasi, pasti lebih cepat hilang kenyangnya karena periuk kan lebih besar daripada centong! Huehehehe…. :mrgreen:

  41. Artha Avatar

    siPP …
    tips yang aneh
    tapi …
    emang
    ….
    ….
    Aneh

    πŸ™‚

  42. Riyogarta Avatar

    Hehehe, ingat waktu kecil jadinya. Hal yang sama sering dilakukan Ibu saya saat saya kekenyangan (atau alasan kenyang karena gak mau makan).

  43. Chic Avatar

    hahahahaha.. mitos kan Pak.. πŸ˜€
    semoga puasanya lancar ya Pak…

  44. la mendol Avatar

    ntar kalau saya diundang makan di rumah Pak Edi, saya tolak ah..soalnya entong nasinya dibuat nggaruk perut. *GR, sok diundang..hehehe

  45. qizink Avatar

    buka puasa yang penting teh manis, sedikit kolak, langsung rokok… mulut asem banget seharian kagak ngerokok!

  46. redesya Avatar

    Hahaha, wah bapak lucu juga ya…
    Tipsnya itu, harus berhenti makan sebelum kenyang…
    Makanlah pelan-pelan, jangan langsung dimakan semua…

  47. Dhimas Avatar

    makannya biz tarawih aja om edi.. πŸ˜‰

  48. estu Avatar

    wah orang jawa asli nich pak

  49. Andy MSE Avatar

    Hah??? wong tuwo kok puasane kayak bocah wae… nyebut pak Edy!… nyebut!…

    *btw, jaman sekarang ngatasi kekenyangan pake entong plastik, kalau entong kayu sudah ketinggalan jaman, ora mandi jarene…

  50. sawali tuhusetya Avatar

    kekekeke πŸ˜† itulah resiko kalau buka puasa terlalu berlebihan, pak edi, hehehehe πŸ˜€ saya juga heran, kenapa entong kok digunakan utk menyembuhkan kekeyangan. ndak mudheng juga, apa sih hubungan antara perut kenyang dan entong?

  51. Silo Avatar

    ha..ha..ha ..xi…xi..xi
    Perutnya diambil pakai entong nasinya ha…ha..ha
    mungkin salah gerakannya malah masukin lagi jadi tambah kenyang hi..ih

  52. andif Avatar

    hehe kalau kekenyangan pas buka sudah biasa om kalau lagi bulan puasa seperti ini πŸ™‚

  53. noersam Avatar

    wah kalo makan jangan banyak banyak om…mungkin salah prakteknya tu

  54. meylya Avatar

    hehehe bener tuh lek kewaregen wetenge di entongi

    akuwh juga getu klo pas kekenyangan πŸ˜†

  55. denpasarmoon Avatar

    ha…ha…lucu banget artikelnya pak edi yg ini…makanya pak … begitu denger suara adzan perut jangan langsung di serbu dg apa2 dulu….;-)

  56. don45 Avatar

    Pak sebelumnya maaf kalo salah, perutnya pak Edi kan ga begitu besar dengan tips entong itu gagal apalagi saya pak perut yang segede gajah pasti ga bakal berhasil pak !!!

  57. andy Avatar

    Wah boleh juga idenya!

  58. galihyonk Avatar

    Wah boleh juga ni idenya Pak Edi… :mrgreen:

  59. Gempur Avatar

    suwun pak tipsnya.. lumayan membantu nih.. hehehe..

  60. Ly Avatar

    heuehuehue…. makanya om… kl makan mah jangan jadi kalap gituu… :D,
    Justru saya malah Gak pernah Makan Nasi kalau buka (sekalian Dieet) huehheue

    Selamat Menjalankan Ibadah SAUM yaacchh…..
    Moga di sisa 20 Hari mendatang benarΒ² mendapatkan Barokah Dari Allah SWT n’ Kembali Suci di Hari Nan Fitri Nanti Amiiiiinn

    Makannya yang biasa aja Om…, masih banyak loh sodara qt yang masih megang perut karna kelaparaan πŸ˜€

  61. Suwahadi Avatar

    Jujur dl waktu masih kecil pernah kekenyangan and digarukΒ² pake entong. Tapi percaya ataw tidak, tips itu benerΒ² mujarab (waktu itu). Perut yang sebelumnya seperti terasa penuh berangsurΒ² terasa nyaman.

    Tapi disini koq gak manjur yah? apa mungkin yang ngerokin musti orang lain kali, soalnya dulu yang ngerokin perut aku adalah ibunda, hehehe… πŸ˜€

  62. norjik Avatar

    he3x bisa aja pak .. masa’ pake’ entong πŸ™‚ penyakit saya juga itu pak kl habis buka puasa. Jgn kan harus makan banyak ? lha wonk cmn segelas teh anget dan 4 potong gorengan tahu isi aja sdh terkapar ndak berdaya kekenyangan pak πŸ™‚ he3x dan kalau sudah gitu suka susah mau mkn nasi, terpaksa kudu malem banget dan menunya pun harus menggugah selera πŸ™‚

  63. wennyaulia Avatar

    brarti tu udah kekenyangan banget2,pak, jadi entongnya kurang berkhasiat
    hehe

  64. septy Avatar

    hi hiy…tips yg aneh… πŸ˜€

  65. Tuti Nonka Avatar

    Pak Edi, kalau gak mempan pake enthong, ganti pakai sekop aja …. πŸ˜€ πŸ˜€

  66. Amrul Avatar

    walah, bapak malah kekenyangan….

    kayak saya ajah… saking kenyangnya, abis shalat magrib langsung tidur, tiba2 udah sahur….

    *begitulah kehidupan malam sayah :D*

  67. didta Avatar

    2 hari ini saya malah ga bisa tarawih, tapi bukan karena kekenyangan melainkan karena kecapekan dan ketiduran gara-gara osmaru berangkat subuh pulang magrib

  68. canenina Avatar

    idenya unik juga pak..boleh dicoba nih..

  69. cantigi Avatar

    huee.. huee.. hee..
    nice tips!

  70. hanif Avatar

    Jangan2 pak edi gosok-gosok entongnya sambil makan nih… πŸ˜€

  71. kucingkeren Avatar

    wah…kalu sy buka cukup kurma aja. (sekilo..ehh salah).. habis kalu udh minum rasanya semuanya kenyang…

  72. Masenchipz Avatar

    kok bisa gitu om? klo gw makannya dikit2 aja… walau sering… toh jatuhnya kan kenyang yang merata disepanjang waktu? he..he.. btw orang jawa tpi baru denger lo om… makasih niy… he..he… nambah pengetahuan aye…wekekek

  73. enggar Avatar

    hehehe. Btw pak kok bisa melahap semua makanan di atas meja itu sekaligus? πŸ™‚

  74. langitjiwa Avatar

    hahaha..
    utk bernafas saja agak susah tuh,mas.
    bila sdh kekenyangan,lalu
    hawa ngantuk pun datang,hehehehe…

  75. orangndut Avatar

    just info Pak, selamat anda dapet award dari OrangNdut πŸ™‚

  76. Ersis Warmansyah Abbas Avatar

    To sangat bagus dan pas … langsung parktik

  77. duniafannie Avatar

    wew. kok sy blm prnah dgr tips ky gni y dr mbokku?
    hehehe,lucu jugak.
    tapi entongnya nggak trus buat ngambil nasi lg kn, pak?
    +curiga+
    πŸ˜€

  78. Fifi Avatar

    aahahaha…baru denger pak, tips yg kayak bgitu, lucu juga keknya.. umm, kalo entong nasi yang dari aluminium boleh tak? ato..entong kosong aja? :mrgreen:

  79. pinkcutez Avatar

    wah…masih percaya z yach ma gituan….

  80. Dhimas Avatar

    geli-geli tekniknya.. πŸ˜†

  81. kaudanaku Avatar

    kurang dikit pak tipsnya, makanya ga manjur. setiap satu kali gosokan harus dibuang sambil nyebutin nama sodara2 kita pak, biar mereka kebagian juga. jadi derita dari kekenyangan kita itu kita alihkan ke sodara2 kita gituh…….heuheuheu……

  82. v3 Avatar

    asal entongnya jangan langsung dibuat ambil nasi dech,
    tapi entong enak juga kok buat garuk2 punggung pak :mrgreen:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *